Posted in Information Retrieval

Apa itu Information Retrieval ?

Information Retrieval atau Temu Kembali Informasi merupakan suatu sistem yang mampu melakukan penyimpanan, pencarian, dan pemeliharaan informasi (Kowalski, 2009). Sedang menurut (Manning, Raghavan dan Schutze, 2008) information retrieval adalah proses menemukan bahan (biasanya dokumen) dari bersifat terstruktur (biasanya teks) yang memenuhi kebutuhan informasi dari dalam koleksi besar (biasanya disimpan di komputer). Informasi dalam konteks ini dapat terdiri dari teks (termasuk data numerik dan tanggal), gambar, audio, video, dan objek multimedia lainnya.

Adapun fungsi utama Information Retrieval seperti dikemukakan oleh Lancaster (1979) dan Kent (1971) adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi sumber informasi yang relevan dengan minat masyarakat pengguna yang ditargetkan.
  2. Menganalisis isi sumber informasi  (dokumen).
  3. Merepresentasikan isi sumber informasi dengan cara tertentu yang memungkinkan untuk dipertemukan dengan pertanyaan (query) pengguna.
  4. Merepresentasikan pertanyaan (query) pengguna dengan cara tertentu yang memungkinkan untuk dipertemukan sumber informasi yang terdapat dalam basis data.
  5. Mempertemukan pernyataan pencarian dengan data yang tersimpan dalam basis data.
  6. Menemukembalikan informasi yang relevan.
  7. Menyempurnakan unjuk kerja sistem berdasarkan umpan balik yang diberikan oleh pengguna.

Proses yang terjadi dalam Information Retrieval terdiri dari dua bagian utama yaitu :

  1. Indexing Subsystem bertugas untuk menganalisa halaman web yang telah tersimpan sebelumnya dengan cara mengindeks setiap kemungkinan term yang terdapat di dalamnnya. Data term yang ditemukan disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya.
  2. Searching subsystem yaitu proses menemukan kembali dokumen yang relevan dengan query yang dimasukkan, hal ini dilakukan sebab tidak semua dokumen yang diambil (retrieved) oleh sistem merupakan dokumen yang benar-benar sesuai dengan keinginan user (relevan).

Dengan adanya information retrieval, maka dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna dengan mengembalikan semua dokumen yang mungkin relevan dan pada waktu yang sama mengembalikan sesedikit mungkin dokumen yang tidak relevan.

Bagi yang mau download ebook “An Introduction to Information Retrieval” Karya Christopher D. Manning, Prabhakar Raghavan dan Hinrich Schütze disini  sebagai referensi. Semoga Bermanfaat ^^

Author:

Give your best

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s