Posted in Tips

Cacar Air (Chicken-pox)

Alhamdulillah wasyukurillah, Setelah hampir 2 minggu dikarantina karena cacar air akhirnya aku mulai bisa beraktifitas lagi.

healthy-lifestyle

Mau sharing sedikit pengalaman aku tentang cacar nih,  satu minggu sebelum sang cacar menyerang pertahanan tubuh aku, aku demam dulu, ntah lah ga ada sebab tiba-tiba demam, badan sakit semua, jadi seharian itu cuma terkapar di kasur ga bisa ngapa-ngapain. Disuruh sama orang tua aku ke dokter siapa tau gejala batuk pilek katanya, tetapi menjelang sore aku merasa udah agak mendingan, ga jadi deh ke dokternya, udah ngerasa lumayan fit, walau agak maksa karena besoknya mau ikut makrab unyu (hehe :p).

Acara makrab ikut, sampe hari sabtu aku ngerasa baik-baik aja. Dan pas mulai hari minggu, mulai gak enak badan lagi, sama kayak senin kemaren, badan demam, sakit semua, tenggorokan mulai sakit, aku kira bener nih mau batuk pilek kayaknya, malah sempet ke mol dulu tuh sore minggunya. Pas senin besoknya badan malah tambah gak enak, dan muncullah dua buah bintik lenting berisi air di leher, mulai curiga nih, langsung nelpon tanya umi, pernah kena cacar gak sebelumnya, eh ternyata emang belum pernah, langsung disuruh umi buat pake cara tradisional biar itu cacarnya cepet sembuh, caranya gini :

Santan kelapa dicampur sama parutan kunyit, dikasih sedikit garam, langsung diminum. Rasanya? Kayak rasa jamu kunyit, besoknya gamau lagi akuh >.<

Untuk meyakinkan diri kalo itu emang cacar, sorenya aku berobat ke dokter, kata dokter ga salah lagi nih ini emang cacar air, akhirnya dikasih penjelasan, kata dokternya jangan heran ya kalo besok besok tambah banyak, itu emang fasenya, gini nih penjelasan singkatnya :

  • Fase pertama badan terasa demam serta terasa sakit diseluruh badan, kemudian timbul ruam/ lenting berisi air.
  • Fase kedua ruam atau lenting akan bertambah banyak, biasanya ditambah dengan sakit tenggorokan, sakit kepala dan sesekali demam.(fase ini nih paling nyiksa😦)
  • Fase ketiga akhirnya baru fase pemulihan. Pada fase ini, ruam akan pecah dan mengering, gunakan salep yang disarankan dokter agar tidak meninggalkan bakat pada kulit.

Cacar itu disebabkan oleh virus loh, sumbernya bisa dari orang yang kena cacar juga atau bisa juga virus itu terbawa oleh angin atau media lainnya. Dan bener apa kata dokter, ga butuh waktu lama, cukup beberapa jam aja itu cacar tambah banyak dan lenting airnya tambah besar, tiap mau keluar cacar badan mulai terasa demam, tenggorokan sakit karena panas dalam. Dan tiap itu cacar keluar aku selalu nangis T.T(Sumpah beneran ga enak banget badan)

Kamisnya, disuruh pulang ke muara enim supaya bisa diurus sama ortu. Sampe sana, berobat lagi ke dokter dan disuntik (Setelah mikir berapa kali beneran nih disuntik? harus ya?:/). Umi nanya sama temen-temennya gimana cara pengobatannya biar cepet kering, akhirnya dibawain dedaunan (lupa namanya) sama temennya disuruh rebus terus dipake buat mandi. Kalo lagi sakit itu emang paling ga enak jauh dari orang tua, apalagi umi, kalo di rumah dirawat banget, apa-apa diurusin semua, semaleman dijagain karena badan aku panas banget pas si cacar keluar. Oke menurut pengalaman aku, jadi kalo kena cacar itu :

  • mandi aja kayak biasanya dua kali sehari, biar badan selalu bersih
  • jangan pernah dipencet (walaupun tangan gatel megangin si cacar)
  • kalo berobat ke dokter, itu obatnya diabisin, karena pasti ada obat antibiotic, vitamin dan antivirus yang dikasih.
  • Jaga suhuh badan, jangan sampe panas banget, minum kelapa muda juga bagus supaya badan kita jadi adem.
  • Ga ada salahnya nyoba cara tradisional yang aku sebutin tadi

Dan yang terpenting jangan mengeluh dan selalu berdoa kepada Allah biar dikasih kesembuhan. Semoga bermanfaat ^^.

Ririfa
26 February 2015 – 16.50 WIB

 

Author:

Give your best

Leave a Reply

