Posted in Program Java

Program Menghitung faktorial

Selamat sore programmer (ceilah) haha😀
Kali ini, aku aku bakal shared program java sederhana buat pemula, salah satunya yaitu faktorial. Kalo ngitung manual pasti udah pada tau kan gimana caranya, di sma dulu pernah dibahas tentang faktorial. Perhitungan faktorial ini juga tidak terlalu sulit, hanya memerlukan operator perkalian. Buat yang belum tau atau lupa faktorial itu apa, gini nih penjelasannya. Menurut wikipedia, faktorial bilangan asli n adalah perkalian semua bilangan asli yang kurang atau sama dengan n . Simbol untuk faktorial adalah tanda seru (!).

Contoh perhitungannya :

5 ! = 5x4x3x2x1 =120

Berikut program bahasa java faktorial

package faktorial;
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author Rifa'atul Mahmudah
 */
public class Faktorial {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        int n,i,fak;
        fak=1;
        
        System.out.print("Masukkan angka : ");
        n=input.nextInt();
        
        if(n>0){
            for(i=1;i<n;i++)
                fak=fak*(n-i);
                fak=fak*n;
        }
        else{
            fak=1;
        }
        
        System.out.println(+n+ "! = " +fak);
    }
    
}

Output program :

fak

Semoga bermanfaat ^_^

Author:

Give your best

2 thoughts on “Program Menghitung faktorial

    1. Terima kasih sudah berkunjung🙂

      Untuk perhitungan faktorial dengan stack bisa kok, berarti harus pake fungsi rekursif
      fungsi rekursif itu adalah fungsi yang memanggil dirinya sendiri
      Untuk codingnya sendiri lebih singkat dan pendek daripada cara iteratif

      package faktorialrekursif;
      import java.util.Scanner;
      /**
       *
       * @author Rifa'atul Mahmudah
       */
      public class FaktorialRekursif {
          
          /**
           *
           * @param args
           */
          public static void main(String[] args) {
              // TODO code application logic here
              Scanner input= new Scanner(System.in);
              int angka, hasil;
              System.out.println("Masukkan nilai : ");
              angka=input.nextInt();
              hasil=faktorial(angka);
              System.out.println(angka+"!= "+hasil);
          }
          
          public static int faktorial(int angka){
              if (angka==0||angka==1)
                  return 1;
              else
                  return angka*faktorial(angka-1);
          }
          
      }
      

      Dari coding diatas, bisa dilihat kalo fungsi faktorial memanggil dirinya sendiri
      Silahkan dicoba, semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s